Rabu, 14 Juni 2023

Cara Login Bioun/AKM SMP/MTS Tahun 2022/2023

Cara Login Bioun/AKM SMP/MTS Tahun 2022/2023 || Ketika tahun pelajaran sudah memasuki semester 2 (Genap) seperti biasa setiap satuan pendidikan mempersiapkan untuk mengikuti yang namanya Ujian Nasional Tingkat Akhir baik itu di jenjang SD sampai SMK sederajat. Biasanya persiapan seperti ini dilaksanakan pada awal bulan April - Mei karena ada beberapa tahap yang harus di persiapkan sebelum mengikuti Ujian Nasional (UN) secara serentak dan sesuai jadwal tiap satuan pendidikan untuk menyelenggarakan UN berdasarkan Informasi dari dinas pendidikan Kabupaten/Kota.

LOGIN AKM SMP 2021

Namun  sangat di sayangkan pada tahun pelajaran 2019/2020 merupakan akhir dari pelaksanaan Ujian Nasional baik secara Daring ataupun Offline hampir seluruh lembaga pendidikan dari tingkat Dasar sampai menengah tidak ada lagi yang namanya Ujian Nasional di tahu pelajaran 2020/2021 karena adanya wabah Pandemi yang melanda seluruh Negara dan salah satunya Bangsa Indonesia.

Dengan adanya perubahan dari Kemdikbud awal tahun 2020 bahwa Ujian Nasional (UN) di tiadakan, sebagai pengantinya yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai bentuk penilaian peserta didik dari Tingkat SD sampai  SMK sederajat.

Pelaksanaan dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) itu sendiri sebenarnya yang awal tahun 2020 akan di laksanakan secara seretak, namun berbagai kendala dan kebijakan yang belum selaras dengan beberapa pemangku kepentingan pendidikan di Tanah air, pada akhirnya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tidak bisa di laksanakan.

Memasuki tahun 2021 pihak kemdikbud sebagai lembaga pengatur rambu-rambu sistem pendidikan di tanah air pada akhirnya dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini kalau tidak ada kendala akan di laksanakan pada bulan Oktober 2021 tepatnya tahun pelajaran 2021/2022. 

Untuk Proses Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) itu sendiri setiap satuan pendidikan sesuai dengan jenjang agar bisa mengikuti program tersebut. Maka setiap Provinsi, Kabupaten/Kota harus memiliki kesiapan untuk memulai pendataan Peserta Didik. Sehingga setiap Satuan Pendidikan (Sekolah) akan mendapatkan Username dan Password dari Dinas Pendidikan Kab/Kota agar bisa login di salah satu situs Bioun.

Jadi, seandainya ada sekolah/madrasah yang belum memiliki username dan password untuk bisa login di Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) harus mendatangi Operator Dinas Kab/Kota terkait cara login di Bioun yang sudah di sediakan oleh pemerintah pusat (Kemdikbud).

Adapun untuk Cara Login Bioun/AKM SMP/MTS Tahun 2021, di usahakan Username dan Password sudah di miliki olerh Operator Sekolah untuk loginya sebagai berikut.

SilahkanCara Login Bioun/AKM SMP/MTS Tahun 2021 pilih salah satu situs (Link) untuk login di Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berdasarkan Jenjang.

  • https://biosd.kemdikbud.go.id/akm2021/ (Untuk SD)
  • http://biounsmp.kemdikbud.go.id/ (Untuk SMP) 
  • https://biounsmk.kemdikbud.go.id/  (untuk SMK)
Untuk masuk login Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) :
Login AKM SMP 2021

Silahkan lengkapi data yang ditunjuk anak panah sesuai dengan Username dan password yang sudah di terima dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Jika sudah ada di beranda Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Silahkan cekin semua datanya. Jika data masih kosong, silahkan cara tulsan Import data yang ada tabel di sisi kanan.

Seandainya data di beranda Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) masih kosong, di pastikan rekan guru harus koordinasi dengan operator dinas agar mendapatkan informasi lebih lanjut. Karena setiap Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang di selengarakan tahun 2021 ini tergantung kesiapan dari dinas pendidikan Kabupaten/Kota. 

Sebagai catatan tambah, sejak postingan ini dimuat/publikasikan, ada beberapa provinsi/kabupaten/kota yang sudah mendapatkan username dan password untuk login di AKM 2021. Bisa saja nanti di bulan Oktober 2021 pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini bisa secara serentak di adakan tanpa ada hambatan atau masalah lain.

Demikianlah yang dapat kami informasikan tentang Cara Login Bioun/AKM SMP/MTS Tahun 2022/2023. Terimakasih dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon