Rabu, 05 Juli 2023

Cara Registrasi Dapodik Secara Offline Menggunakan Prefil

Cara Registrasi Dapodik Secara Offline Menggunakan Prefil || Aplikasi Dapodik merupakan salah satu aplikasi versi Insteller untuk satuan pendidikan di bawah Kementrian Kemdikbud atau yang sekarang kita kenal dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Reset dan Teknologi di tahun 2021. Adapun untuk Aplikasi Dapodik yang harus menjalankan oleh satuan pendidikan yang sudah melakukan pengajuan pemberkasaan agar mendapatkan Kode Registrasi Dapodik (Koreg Dapodik).

Cara Registrasi Dapodik Secara Offline Menggunakan Prefil

Setiap aplikasi Dapodik di rilis dengan versi yang baru, secara otomatis setiap satuan pendidikan akan melalukan beberapa langkah agar versi dapodik yang baru dapat di operasikan melalui laptop/komputer. Terkadang ada saja setiap operator sekolah yang belum paham cara menganti Aplikasi Dapodik lama ke versi dapodik yang baru. Ini bisa terjadi di semua satuan pendidikan karena adanya pergantian Operator Sekolah. Akibatanya Operator Sekolah yang ditugaskan harus belajar dan memahami cara kerja Aplikasi Dapodik.

Berikut beberapa pertanyaan yang sering dipertanyakan Oleh Operator Sekolah yang baru ditugaskan:

  • 1. Cara Insteller Dapodik?
  • 2. Cara Menggunakan Prefil Dapodik?
  • 3. Cara Registrasi Dapodik?
  • 4. Cara Login Dapodik?
  • 5. Cara Instal Patch Dapodik?

Dari ke 5 pertanyaan secara umum, bisa kita arahkan kepada Operator Sekolah yang mungkin saja belum paham, karena baru pertama kali di tugaskan. Untuk itulah akan coba kami uraikan dari ke 5 pertanyaan agar Operator Sekolah setiap tahun pergantian Dapodik bisa belajar sendiri.

1. Cara Instal Dapodik?

Point pertama, setiap satuan pendidikan yang baru pertama kali menggunakan dapodik wajib Unduh dan Instal dapodik yang sudah di sediakan oleh situs dapodikdasmen (PAUDDIKDSMEN). Berbeda dengan Sekolah yang sudah lama menggunakan Aplikasi Dapodik proses seperti ini harus di lakukan. Yaitu dengan Cara Mengunistal versi lama :

  • Masuk ke Control Panel
  • Cari Aplikasi Dapodik
  • Unistal Dapodik sampai laptop/komputer meminta resetar.
  • Cek Local C - Program File - Cari Folder Dapodik, kalo masih ada folder dapodik. Silahkan delet
Jika langkah di atas sudah dilakukan, silahkan bapak/ibu Instal Aplikasi Dapodik versi terbaru berdasarkan informasi dari situs Dapodik - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan https://dapo.kemdikbud.go.id. Untuk Proses Insteller Aplikasi Dapodik dilaptop/di komputer silahkan tunggu sampai selesai dan muncul Popup untuk langsung digunakan.

2. Cara Menggunakan Prefil Dapodik

Untuk Point ke 2 ini sebenarnya sebuah langkah ketika aplikasi dapodik sudah berhasil di Instal, maka langkah ini merupakan cara Registrasi dapat di sesuaikan dengan kebutuhan Operator Sekolah, yaitu dengan Cara Registrasi Offline dan Cara Registrasi Online.

Berikut Perbedaan Registrasi Cara Offline dan Online.
  • Registrasi Dapodik dengan Cara Offline
Setelah kita berhasil melakukan Instal dapodik, langkah yang kita pilih yaitu dengan cara registrasi dapodik secara offline. Dimana untuk registrasi dapodik offline membutuhkan file Prefil yang harus kita gunakan. Untuk mendapatkan Prefil Dapodik maka anda harus mendownload terlebih dahulu memalui situs https://dapo.kemdikbud.go.id. 

Cara Login di Dapodik


Cara Registrasi Dapodik


Cara Download Prefill Dapodik

Dari Screen Shoot Point nomor 3. Silahkan anda pilih terlebih dahulu Provinsi/wilayah untuk mendownload prefil dapodik sebagai langkah persiapan untuk registrasi secara offline. Perlu kita ingatkan bahwa setiap tahun awal pelajaran. Satuan pendidikan wajib unduh prefil dapodik jika memilih registrasi dapodik secara Offline. Untuk mendownload Prefil dapodik yang harus di persiapakan yaitu Email, Password dan Koreg dapodik dari tahun pelajaran sebelumnya yang sudah digunakan di Aplikasi Dapodik.

Cara Menempatkan Prefil Dapodik.
Langkah selanjutnya adalah cara menempatkan prefil dapodik, setelah prefil dapodiknya sudah diunduh. Perhatikan dari gambar yang kami tampilkan dibawah.

Cara Instal Dapodik 2021


1. Buka File Explorer - Klik Local C - klik folder Prefill_Dapodik silahkan copypaste prefillnya.
2. Buka Aplikasi Dapodik - Pilih Registrasi Offline- Masukan Email, Password dan Koreg dapodik
3. Tunggu sampai selesai dan muncul Popup informasi yang di tampilkan.
  • Registrasi Dapodik dengan Cara Online
Adapun untuk melakukan Aktifasi registrasi Dapodik Registrasi berbeda dengan cara registrasi Offline yang membutuhkan prefill dapodik. Bagi satuan pendidikan yang belum paham bagaimana sih cara yang benar untuk melakukan Registrasi Dapodik secara Online? Berikut langkah yang harus di perhatikan.

1. Unistal Aplikasi Dapodik versi lama
2. Unduh dan Instal Aplikasi Dapodik versi baru, bukan Patch, sampai windows meminta di restar
3. Siapkan Email, Password dan koreg dapodik yang sering dipakai.
4. Hubungkan laptop/komputer wifi Speedy atau Hospot Ponsel
5. Tunggu sampai selesai registrasi sampai muncul popup
6. Selesai

Registrasi Dapodik Versi Online


Untuk Dapodik versi 2023/2024 Wajib setiap operator sekolah mengganti password lama ke password baru ketika muncul notifikasi untuk menganti passwordnya, Jika sudah di ubah ke password baru silahkan login kembali dengan email yang sama dan menggunakan password baru.


EmoticonEmoticon